Fabel Terkenal dan Pesan Moral yang Terkandung

Fabel memiliki banyak manfaat bagi anak kecil. Di dunia yang kita tinggali saat ini, sudah tidak banyak anak yang tahu tentang fabel. Mereka lebih sering menghabiskan waktu di depan gawai daripada membaca buku-buku. Anak-anak jaman sekarang juga punya waktu konsentrasi yang singkat, sehingga mereka tidak bisa membaca buku yang berisi banyak kata-kata, disinilah Anda bisa memanfaatkan cerita fabel . Sifat fabel yang ringkas dan bertarget membuatnya sangat menarik bagi anak-anak.

Lalu, mungkin alasan terpenting untuk membaca fabel adalah karena fabel itu menyenangkan! Meskipun cerita-cerita ini awalnya dimaksudkan untuk menjadi model pelajaran moral, mereka juga dimaksudkan untuk menghibur, dengan karakter dan plot aneh yang cukup pintar. Ingat, jika fabel tidak begitu menarik, mereka tidak akan bertahan ratusan dan dalam beberapa kasus ribuan tahun, jadi ambillah buku fabel dan bagikan kesenangannya dengan anak Anda.

Beberapa dongeng paling terkenal meliputi:

Kancil dan Buaya
Ada banyak sekali fabel yang menceritakan tentang kancil, tapi yang akan kita bahas hari ini adalah kisah kancil dan buaya. Pada suatu hari seluruh makanan di hutan sudah habis, lalu kancil pergi ke dekat sungai untuk mencari makanan. Di tengah jalan, kancil harus menyebrangi sungai yang pebuh buaya, dengan akal cerdiknya kancil berhasil menipu buaya untuk berbaris berjajar dan kancil dapat menyebrangi sungai tanpa dimakan oleh para buaya. Pesan moral yang bisa didapat adalah: Jangan meremehkan seseorang meskipun dia lebih kecil dari kamu. Seperti kancil, biarpun lebih kecil dari buaya, dia bisa memperdaya buaya.

Kelinci dan Kura-Kura
Ini adalah fabel terkenal hampir di seluruh dunia. Bercerita tentang kelinci yang sombong dan menantang kura-kura yang lambat untuk mengikuti lomba lari melawannya. Keesokan harinya saat perlombaan dimulai, kelinci berlari dan berhasil berada jauh di depan kura-kura. Kelinci yang merasa menang, memutuskan untuk beristirahat dan ia terlelap. Sementara itu, kura-kura tidak putus asa dan terus berlari sampai akhirnya mencapai garis finish. Kelinci yang terbangun kaget karena kura-kura sudah tidak ada di belakangnya, ia berlari menuju garis finish dan ternyata kura-kura sudah lebih dulu sampai.
Pesan moral yang bisa anda dapatkan adalah: Jangan seperti kelinci yang sombong dan menganggap remeh orang lain. Jadilah seperti kura-kura yang terus berusaha dengan gigih meskipun dihina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *